Indonesia Raih Kemenangan Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia


Laga antara timnas Indonesia melawan Vietnam dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Tim nasional sepak bola Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F setelah mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (21/3/2024) malam,  menampilkan performa yang mengesankan dari skuad Garuda di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Meski menurunkan dua pemain anyar sejak awal, yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, tim Garuda mengalami kesulitan pada babak pertama. Gaya permainan Vietnam yang dipimpin oleh Philippe Troussier mampu memberikan tekanan kepada Indonesia dalam 25 menit pertama. Namun, pertahanan solid dari Indonesia yang dipimpin oleh bek Nathan berhasil menahan serangan-serangan berbahaya dari Vietnam.

Pada babak kedua, pelatih STY melakukan tiga pergantian dengan memasukkan Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Egy Maulana Vikry. Keputusan ini terbukti efektif ketika Indonesia mampu mengambil inisiatif permainan dan menciptakan peluang yang mengarah ke gol. Gol kemenangan Indonesia akhirnya tercipta melalui kaki Egy Maulana Vikry pada menit ke-52 setelah memanfaatkan kesalahan bek Vietnam.

Setelah unggul, Indonesia semakin percaya diri dalam mengendalikan permainan. Meskipun beberapa peluang emas tidak terwujud menjadi gol, Indonesia mampu mempertahankan keunggulan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan kemenangan ini, Indonesia naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan empat poin, selisih dua poin dari Irak yang berada di posisi puncak. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Vietnam kembali di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024) mendatang.

Kemenangan ini memberikan semangat baru bagi timnas Indonesia dalam perjalanan mereka menuju Piala Dunia 2026 dan juga mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu pesaing serius di grup ini. Semoga Indonesia terus meraih prestasi gemilang di masa mendatang!. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>