Sekjen PBB Kecam Serangan terhadap Pasukan Perdamaian UNIFIL di Perbatasan Lebanon-Israel


Drone militer Israel melancarkan serangan kepada konvoi kendaraan pasukan perdamaian PBB, UNIFIL, di perbatasan Lebanon dengan Israel, Sabtu (30/3/2024). (Foto: Associated Press)

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, melalui juru bicaranya, Stephane Dujarric, mengutuk keras serangan yang menimpa konvoi kendaraan pasukan perdamaian PBB, UNIFIL, di perbatasan antara Lebanon dan Israel pada Sabtu (30/3/2024). Serangan yang diduga dilakukan oleh drone militer Israel mengakibatkan luka-luka pada tiga pengamat militer dan seorang penerjemah dari Lebanon yang sedang melakukan patroli.

“Sekjen PBB mengutuk ledakan hari ini yang berdampak pada patroli Kelompok Pengamat Lebanon (OGL), melukai tiga pengamat militer OGL dari Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB (UNTSO), dan satu asisten bahasa,” ujar jubir PBB dalam pernyataannya.

Meskipun angkatan bersenjata Israel membantah terlibat dalam serangan tersebut, Sekjen PBB menegaskan perlunya investigasi menyeluruh oleh UNIFIL untuk mengungkap kebenaran di balik insiden ini. 

Guterres juga menekankan pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pasukan perdamaian PBB serta mengimbau semua pihak untuk menahan diri dari pelanggaran lebih lanjut terhadap gencatan senjata sesuai dengan resolusi 1701.

Krisis di wilayah tersebut semakin rumit sejak Oktober 2023 ketika kelompok pro kemerdekaan Palestina di Lebanon, Hizbullah, mulai melancarkan serangan udara terhadap Israel, menyusul pengumuman operasi militer Israel melawan Hamas di Jalur Gaza. 

Guterres menekankan pentingnya solusi diplomatis untuk mengakhiri krisis ini demi perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>