Ketua MPR Dukung Penetapan Kelompok Bersenjata Papua sebagai OPM oleh Panglima TNI


Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo. (Foto: Antara)

AKTUALITAS.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan dukungannya terhadap langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka sebagai Organisasi Papua Merdeka (OPM). 

“Keputusan Panglima TNI menyatakan kembali kelompok bersenjata di Papua sebagai OPM sudah tepat. OPM merupakan istilah untuk gerakan pro-kemerdekaan Papua sejak 1963,” kata Bamsoet dalam keterangannya, dikutip Senin.

Bamsoet menegaskan pentingnya keselamatan bangsa di atas segalanya, dan ia siap untuk mempertahankan kewajiban TNI dan Polri dalam melaksanakan penegakan hukum serta melindungi seluruh wilayah Indonesia. 

“Tidak boleh ada lagi toleransi terhadap para kelompok separatis, teroris ataupun OPM untuk meneror serta melakukan aksi kejahatan hingga menimbulkan korban jiwa,” tegasnya. 

Bamsoet juga menekankan perlunya penyelesaian komprehensif terhadap masalah di Papua melalui tindakan tegas, namun juga dialog dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>