Banjir di Kabupaten Serang, Warga Terus Bertahan Meski Bantuan Sudah Datang


Banjir di Kampung Pinggir Rawa, Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (4/5/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Banjir yang melanda Kabupaten Serang, Banten, khususnya di Kampung Pinggir Rawa, Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande, belum juga surut. Meski sudah ada bantuan dari berbagai pihak, warga masih terus bertahan di tengah cobaan ini.

Menurut Jubaedah, salah seorang warga yang terdampak banjir, situasi semakin memburuk. “Banjir mulai masuk ke permukiman warga pada Jumat pagi setelah surut pada minggu lalu,” ujarnya. Bahkan, ketinggian air bervariasi, mencapai 30 cm hingga 1 meter.

Musromi, warga lainnya, juga memilih untuk tetap bertahan di rumahnya karena khawatir dengan barang-barangnya. “Kami berharap segera surut, alhamdulilah bantuan sudah ada, dari ibu Lurah tadi nasi bungkus,” ungkapnya.

Meskipun demikian, beberapa warga sudah merencanakan untuk mengungsi ke mushola jika air terus naik di malam hari. Situasi semakin diperparah dengan banjir yang juga melanda Kecamatan Jawilan, Kopo, dan Cikande serta merendam kawasan persawahan.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Serang, upaya penanganan masih terus dilakukan. Namun, tantangan besar tetap ada, terutama ketika hujan deras mengguyur daerah hulu di Bogor. Warga diimbau untuk tetap waspada dan siaga menghadapi kondisi ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>