Connect with us

Nasional

Nasdem Usung Anies Baswedan untuk Pilgub Jakarta 2024

Published

on

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim (kanan) bersama Anies Baswedan (tengah) di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Partai Nasdem resmi mengumumkan pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jakarta dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 2024. Pengumuman ini disampaikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, pada Senin, 22 Juli 2024, di Nasdem Tower, Jakarta Pusat.

Sekretaris Jenderal Nasdem, Hermawi Taslim, menyatakan bahwa keputusan ini merupakan hasil dari rapat internal yang diadakan untuk menentukan bacagub Nasdem. “Sore ini, kami telah memutuskan untuk mencalonkan Bapak Anies Baswedan sebagai bacagub Jakarta dari Partai Nasdem. Keputusan ini dipimpin langsung oleh Pak Surya Paloh,” ujar Hermawi.

Dalam kesempatan tersebut, Hermawi juga mengungkapkan bahwa Anies Baswedan diberikan kebebasan penuh untuk memilih calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampinginya. Namun, syaratnya adalah cawagub tersebut tidak boleh berasal dari Partai Nasdem. “Pak Anies diberikan kebebasan penuh untuk menentukan wakilnya, dengan satu syarat, yaitu wakil tersebut tidak boleh dari Partai Nasdem,” tambahnya.

Keputusan ini diumumkan setelah rapat pleno DPP Partai Nasdem pada 11 Mei 2024, di mana terdapat tiga nama bakal calon gubernur Jakarta yang muncul, yaitu Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, dan Andrino. DPP Nasdem memberikan tenggat waktu hingga 22 Agustus 2024 bagi Anies untuk mendeklarasikan pasangan cawagubnya. Namun, deklarasi bisa dilakukan lebih awal jika Anies menyelesaikan persiapan lebih cepat.

Dengan dukungan resmi dari Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anies Baswedan telah memenuhi syarat pencalonan dengan total 29 kursi di DPRD Jakarta, melampaui syarat minimal 22 kursi. PKS, yang memiliki 18 kursi, serta Nasdem dengan 11 kursi, telah menyatakan dukungan untuk Anies dalam Pilgub Jakarta 2024. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending