Connect with us

Nasional

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Tiba di Jakarta

Published

on

Pesawat TNI Angkatan Udara yang ditumpangi Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Setelah lebih dari tujuh bulan disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens, akhirnya berhasil dibebaskan. Pesawat TNI Angkatan Udara yang membawanya mendarat di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (22/9/2024), malam pukul 22.26 WIB.

Philip ditangkap oleh KKB sejak 7 Februari 2023 setelah pesawat yang dipilotinya dipaksa mendarat di wilayah Nduga, Papua. Pembebasan ini adalah hasil dari operasi panjang yang dilakukan oleh Satgas Operasi Damai Cartenz 2024.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani, menyatakan bahwa pihaknya mengedepankan pendekatan lunak (soft approach) dalam proses pembebasan ini. 

“Kami bekerja sama dengan tokoh agama, gereja, adat, dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya,” ungkap Faizal dalam pernyataannya.

Proses evakuasi Philip dilakukan dengan pengawalan ketat. Tim yang mendampingi Philip terdiri dari berbagai pihak, termasuk Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Tim Satgas Nanggala, Polda Papua, dan Kogabwilhan III. Rekan sesama pilot, Afis, juga turut mendampingi.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters, mengungkapkan rasa syukurnya atas pembebasan Mehrtens. 

“Kami merasa senang dan lega memastikan bahwa Philip Mehrtens sudah aman dan telah berkomunikasi dengan keluarganya. Ini tentu merupakan kabar yang sangat melegakan bagi keluarga dan kerabatnya,” ujar Peters dalam keterangan resminya.

Dengan pembebasan ini, upaya diplomasi dan pendekatan kemanusiaan kembali membuktikan kekuatannya dalam mengatasi konflik, tanpa harus melalui jalur kekerasan. Pemerintah Indonesia dan Selandia Baru berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama keamanan di wilayah Papua demi menjaga stabilitas dan perdamaian. 

Sampai saat ini, kondisi Philip dilaporkan dalam keadaan sehat dan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut sebelum dipulangkan ke negaranya. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending