Ini Kronologis Kekekerasan Dua Jurnalis di Bandung Saat Hari Buruh


Ilustrasi istimewa

AKTUALITAS.ID – Perayaan Hari Buruh di Bandung, Jawa Barat, diwarnai intimidasi dua wartawan yang sedang meliput. Kedua wartawan merupakan fotografer Tempo, Prima Mulia dan jurnalis lepas Iqbal Kusumadireza.

Dugaan aksi kekerasan terhadap dua wartawan dilakukan oleh pihak kepolisian. Peristiwa itu berawakl sekitar pukul 11.30 WIB.

Saat itu Reza dan Prima berkeliling sekitar Gedung Sate untuk memantau kondisi pergerakan massa buruh yang akan berkumpul di Gedung Sate.

Saat tiba di Jalan Singaperbangsa, sekitar Dipatiukur, Prima dan Reza melihat ada keributan antara polisi dengan massa yang didominasi berbaju hitam-hitam. Mereka diduga bukan dari kalangan buruh.

Reza dan Prima mengaku melihat massa berbaju hitam tersebut dipukuli oleh polisi. Melihat kejadian tersebut, keduanya langsung membidikan kamera ke arah kejadian tersebut.

Setelah pindah lokasi untuk mengabadikan gambar yang lain, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi.

Menurut Reza polisi tersebut berasal dari satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung yang menggunakan sepeda motor KLX berplat nomor D 5001 TBS.

Saat dipiting, Reza kemudian dibentak lalu menunjukan identitasnya sebagai wartawan. Polisi tersebut malah mengambil kamera yang dipegang Reza sambil menginjak lutut dan tulang kering kaki kanannya berkali-kali.

Tak sampai di situ, setelah menguasai kamera Reza, polisi tersebut menghapus sejumlah gambar yang sudah diabadikan Reza. Hingga saat ini kaki kanan Reza menglami luka dan memar.

Sedangkan Prima Mulia mengalami hal yang sama. Hanya saja, Prima tidak mendapat kekerasan fisik dari polisi. Prima mengaku disekap oleh tiga orang polisi. Dia diancam dan foto-fotonya dihapus. [Donny/RED]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>