10 Pimpinan MPR Mendapatkan Susunan Tugas dan Fungsi


AKTUALITAS.ID – 10 pimpinan MPR resmi mendapat tugas. Dari semuanya itu, mulai dari Ketua hingga Wakil Ketua mendapat koordinator bidang, mulai dari sosialiasi hingga anggaran.

Menurut Ketua MPR, Bambang Soesatyo, pembagian tugas ini sudah disepakati secara bersama melalui forum musyawarah.

“Kami bersepakat dari 10 pimpinan ini, kami bagi 10 bidang,” kata Bambang usai menggelar rapat pimpinan di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu ( 9/10).

Adapun pembagian tugas itu, Bambang sendiri menduduki Koordinator Bidang Umum. Selanjutnya di tataran Wakil Ketua, Ahmad Basarah (F-PDI P) menjadi Koordinator Bidang Sosialisasi Empat Pilar.

“Tugas beliau mengoordinasikan pelaksanaan wewenang dan tugas Majelis Permusyawaratan Rakyat untuk menyosialisasi Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Bambang.

Sedangkan Wakil Ketua MPR bidang Penyerapan dan Aspirasi Masyarakat dan Daerah diduduki Lestari Moerdijat (F-P Nasdem), Koordinator Bidang Pengkajian Ketatanegaraan diisi oleh Syarief Hasan (F-P Demokrat) dan Wakil Ketua MPR Koordinator Bidang Penganggaran adalah Fadel Muhammad yang merupakan perwakilan Kelompok DPD.

“Selanjutnya Ahmad Muzani Bidang Komisi Kajian Ketatanegaraan. Beliau mengoordinasikan pelaksanaan wewenang dan tugas MPR dalam hal mengkaji dan merumuskan pokok-pokok pikiran yang berkaitan dengan dinamika masyarakat tentang pemasyarakatan Pancasila,” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet itu.

Bambang juga menjelaskan, posisi untuk Wakil Ketua MPR seperti Zulkfli Hasan (F-PAN), Jazilul Fawaid (F-PKB), Hidayat Nur Wahid (F-PKS), dan Arsul Sani (F-PPP).

Zulkifli yang juga mantan Ketua MPR menjadi Koordinator Bidang Persidangan, sementara Jazilul ditempatkan Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga. Sementara Hidayat adalah Koordinator Bidang Evaluasi Pelaksanaan Ketetapan MPR RI dan Arsul merupakan Koordinator Bidang Akuntabilitas Kinerja MPR RI.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga menjelaskan, posisi Ketua yang bakal mengisi tiga badan di MPR. Untuk Badan Sosialisasi, akan diketuai Fraksi Partai Gerindra dan wakil ketuanya dibagi untuk Fraksi Partai Nasdem, Fraksi PKS, Fraksi PAN, Kelompok DPD.

Di Badan Pengkajian, Fraksi PDI Perjuangan mendapat posisi Ketua, dan wakilnya adalah Fraksi Partai Golkar, Kelompok DPD, Fraksi PPP, Fraksi Demokrat. Terakhir Badan Penganggaran, posisi Ketua merupakan dari Fraksi Partai Golkar, dan dibagi Wakil Ketua dari Fraksi PKB, Kelompok DPD, Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi PDI Perjuangan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>