13 Kali Gempa Susulan Terus Terjadi Akibat Deformasi Lempeng Laut Maluku


Ilustrasi Gempa Bumi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Gempa bumi susulan masih terus terjadi pada pagi hari ini pascagempa magnitudo 7,1 di laut Halmahera, Maluku Utara, Kamis malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, telah terjadi kembali gempa bumi 5,9 magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Jumat, (15/11), pukul 08.17 WIB.

Dikutip dari laman bmkg.co.id, kejadian gempa itu pada 1.73 Lintang Utara,126.39 Bujur Timur dan 140 km Barat Laut, Halmahera Barat, Malut dengan kedalaman 10 kilometer. Dampak dari bencana ini tentunya dirasakan ke daerah lain yaitu Manado dan Bitung II-III MMI, Ternate, Minahasa Selatan, Tahuna II MMI.

Dari catatan laman bmkg.co.id itu, sudah ada 13 kali gempa bumi yang mengguncang wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara pada hari Jumat ini. Guncangan gempa itu bervariasi antara 5,1 skala richter hingga 5,9 skala richter mulai dari pukul 01.45 WIB hingga pagi ini.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi atau penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” kata Rahmat Triyono di Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

Akibat gempa magnitudo 7,1, BMKG sempat mengeluarkan peringatan tsunami Jumat dini hari. Peringatan Dini Tsunami ini dinyatakan berakhir pada hari Jum’at tanggal 15 November 2019 pukul 01.45 WIB.

Rahmat menyebutkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu berpotensi tsunami dengan status ancaman waspada untuk daerah Minahasa Utara Bagian Selatan (Sulawesi Utara).

Berdasarkan monitoring muka air laut (Tide Gauge) menunjukkan adanya perubahan muka air laut di Ternate setinggi 6 cm (23.43 WIB), Jailolo setinggi 9 cm (23.43 WIB) dan Bitung 10 cm tanggal 15 November 2019 (00.08 WIB).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>