Mempermudah Pekerja, LSP Energi Mandiri Luncurkan e-Sertifikasi


AKTUALITAS.ID – Sejalan dengan program Presiden Jokowi dalam revolusi industri 4.0 untuk memberikan arah bagi pergerakan industri nasional di masa depan. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Energi Mandiri meluncurkan program sertifikasi online untuk para pekerja tambang dan Energi terbarukan.

Ketua Komite Skema Sertifikasi LSP Energi Mandiri, Agus Sutarna mengatakan Sertifikasi dibuat untuk memudahkan para pekerja tambang mendapatkan Sertifikat. Pasalnya selama ini proses sertifikasi dilakukan dengan mendatangi para pekerja yang kebanyakan berada di pulau pulau terpencil yang sulit dijangkau.

“Selain alasan di atas, sertifikasi online juga merupakan jawaban atas perkembangan zaman,” ujar Agus di Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Menurut Agus, proses sertifikasi onlinedipastikan tidak akan mengurangi mutu dari pada sertifikasi yang sudah sudah sebelumnya.

Pekerja yang ingin mendapatkan Sertifikat, lanjut Agus, harus memiliki tiga syarat mutlak. Ketiga syarat tersebut yakni. Bukti tidak langsung yang merupakan portofolio dari seorang pekerja. Portofolio ini merupakan track record dari pekerja selama beraktifitas di dunia pertambangan.

Yang kedua bukti langsung yaitu demonstrasi, dimana pekerja melakukan serangkaian ujian praktek bisa melalui video yang harus disiarkan secara langsung saat melakukan ujian praktek dan dilihat oleh tim penguji.

Dan yang ketiga yaitu bukti tambahan seperti Sertifikat lain yang dimiliki seorang pekerja.

“Dapat kami pastikan sertifikasi online tidak mengurangi mutu,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur LSP Energi Mandiri, Rinto Andrianto mengatakan di Indonesia setiap tahun ada 20.000 pekerja tambang yang membutuhkan sertifikasi.

Dengan diluncurkannya sertifikasi online ini diharapkan jumlah pekerja yang kompeten bisa melebihi target.

“Sertifikasi online juga merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan SDM sesuai nawa cita Presiden Joko Widodo,” ungkapnya. [Kiki Budi Hartawan].



slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>