Perintahkan Evakuasi WNI di Wuhan, Jokowi: Antrean Kita Saya Kira di Depan


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, China. Jokowi mengungkap tidak hanya Indonesia yang akan mengevakuasi warganya.

“Masih dalam proses (berkomunikasi dengan otoritas di Wuhan), masih kita proses. Karena yang ingin evakuasi bukan hanya Indonesia saja. Tetapi antrean kita saya kira sudah di depan,” kata Jokowi usai meresmikan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (31/1/2020).

Jokowi mengungkap keputusan untuk mengevakuasi WNI di Wuhan, China diambil pada Rapat Terbatas kemarin.

“Ya kemarin sore sudah kita putuskan dalam rapat terbatas, bahwa saya sudah perintahkan untuk segera dievakuasi warga negara Indonesia, WNI kita yang ada di Wuhan dan sekitarnya,” ujar Jokowi.

Proses evakuasi itu akan dilaksanakan oleh sejumlah stakeholder terkait mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kesehatan, TNI, BNPB, dan stakeholder lainnya.

“Karena ini (evakuasi warga Indonesia di Wuhan) juga merupakan sebuah pekerjaan besar, dan juga kemarin WHO juga sudah mengumumkan situasi darurat global yang tekait dengan virus Corona. Jadi saya kira keputusan kita kemarin untuk mengevakusi itu sudah betul,” lanjutnya.

Menurut Jokowi, sekarang ini yang perlu dipersiapkan pemerintah adalah menyempurnakan tahapan-tahapan guna memulangkan 243 WNI di Wuhan dan sekitarnya. Di antaranya dengan menyiapkan teknis pemulangan.

“Ini masih ada pilihan-pilhan (terkait pesawat yang dipakai untuk memulangkan WNI di Wuhan). TNI siap, komersial juga siap. Nanti kita tinggal, karena kita juga tergantung otoritas yang ada di Wuhan,” sebutnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>