Ridwan Kamil: Partai Jangan Hanya Sibuk Berebut Kekuasaan


Ridwan-Kamil

AKTUALITAS.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengingatkan partai politik agar tidak selalu haus berburu kekuasaan. Menurutnya, partai memiliki peran lebih dari sekedar memperebutkan dominasi dalam segala tingkatan.

“Nah kebanyakan partai sibuk di tugas ini terlebih sedikit lagi Pilkada, Pileg makanya tugas lainnya itu biasa dilupakan,” kata Ridwan Kamil di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jabar pada Minggu (2/2/2020).

Hal tersebut diungkapan Ridwan Kamil saat mendatangi kegiatan penanaman 222.220 pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penanaman ratusan ribu pohon tersebut juga dilakukan secara nasional oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus memperingati haru ulang tahun partai dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Ridwan melanjutkan, tugas partai selain berebut kekuasaan adalah mendidik demokrasi di tengah masyarakat. Mantan Wali Kota Bandung itu mengatakan, partai politik memiliki kewajiban guna melatih warga negara untuk bangkit memperjuangkan hak mereka.

Dia menambahkan, partai politik juga mengemban tugas lainnya yakni pelayanan publik. Dia meminta partai agar jangan turun menemui rakyat dalam kurun waktu lima tahun sekali ketika Pemilu dan selanjutnya setelah terpilih melupakan tugas-tugas kerakyatan mereka.

“Jadi tugas partai politik itu ada tiga tadi tapi tidak semua bisa melaksanakan tugas itu dengan seimbang,” kata Ridwan Kamil lagi.

Sementara, kegiatan penanaman pohon dilakukan bertujuan untuk melestarikan alam sekaligus memastikan semangat dalam mengedepankan politik lingkungan. Kegiatan penanaman dan penghijauan itu dipusatkan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, DAS Citarum ini sudah lama menderita. Dia melanjutkan, sudah kewajiban semua pihak mengembalikan Citarum seperti sedia kala mengingat aliran sungai tersebut merupakan bagian dari ekosistem kehidupan.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengaku sudah menyiapkan puluhan ribu bibit pohon untuk ditanam serta mendeklarasikan adanya satuan tugas yang mendukung kebersihan lingkungan.Dia mengungkapkan telah menanam 150 jenis pohon, di mana 89 pohon merupakan endemik Indonesia dan sisanya pohon umum.

Hadir di acara itu Menteri Sosial Juliari Batubara dan Ketua Komisi IV. Kegiatan juga diramaikan Wakil Sekretaris Jendral Sadarestuwati hingga sejunlah Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Komaruddin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Sukur Nababan, Mindo Sianipar dan Sri Rahayu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>