Pilwalkot Solo, Pengamat: Gibran Dinilai Berpeluang Besar Dipilih PDIP


AKTUALITAS.ID – Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai Gibran Rangkabumi Raka kemungkinan akan dipilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Putra sulung Presiden Joko Widodo itu bisa jadi direkomendasikan sebagai calon kepala daerah di Solo.

“Ya tentu peluangnya besar karena Pilkada didasarkan pada elektabilitas, itu dasar awal kenapa calon itu diusung,” kata Adi Prayitno di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dia mengatakan, pemberian rekomendasi kepada Gibran mengacu pada besaran tingkat keterpilhan yang dimilikinya di Solo. Menurutnya, hal serupa juga berlaku pada Bobby Nasution yang mencalonkan diri sebagai kandidat kepala daerah di Medan.

Adi mengatakan, kedua calon kepala daerah itu cukup potensial untuk memenangi pertarungan kepala daerah di wilayah masing-masing. Menurutnya, bahkan Gibran bisa memenangi Solo dengan mudah.

Dia mengungkapkan, tingginya elektabilitas kedua calon itu tak lepas dari pengaruh Presiden Jokowi. Dia mengatakan, kedua bakal calon kepala daerah itu terbantu karena mereka merupakan keluarga inti dari seorang kepala negara.

Dia melanjutkan, Gibran juga mendapatkan tambahan elektoral dari kesuksesan Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo. Ia menambahkan, masyarakat tentu masih mengingat kepemimpinan Jokowi saat itu.

“Jadi itu bekal elektoral secara turun temurun dan itu menjadi keistimewaan Gibran serta Bobby,” katanya.

PDIP hingga kini belum mempublikasikan calon kepala daerah yang akan mereka usung di Solo. Partai berlogo kepala banteng moncong putih itu kemungkinan akan mengumumkan kandidat yang mereka usung pada 3 Maret mendatang.

Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanyo mengaku partainya terus memantau elektabilitas Gibran dan Bobby. Dia mengungkapkan, bahwa tren tingkat keterpilihan calon kepala daerah keluarga Presiden Joko Widodo itu cenderung meningkat.

“Kalau dari survei memang Mas Bobby elektoralnya cenderung melejit. Elektoral Mas Gibran juga memperlihatkan tren meningkat,” kata Hasto Kristiyanto.

Terkait Gibran, Hasto mengaku melihat keberadaan antusiasme bagi anak-anak muda untuk bergabung. Meski demikian, keputusan calon kepala daerah yang bakal diusung PDIP di Solo dan Medan bergantung pada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>