Efek Wabah Corona, Jumlah Wisatawan ke Tanah Rencong Anjlok


AKTUALITAS.ID -Jumlah tamu yang menginap di hotel dan tempat penginapan di Aceh turun drastis akibat wabah virus Corona. Jumlah wisatawan yang melancong ke Tanah Rencong anjlok.

“Tamu turun. Ini cukup terasa. Tamu turun karena pesawat kosong karena orang nginap di hotel rata-rata orang turun dari pesawat,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Aceh, Yusri, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengingatkan masyarakat tidak perlu panik, namun jumlah warga yang bepergian tetap menurun. Selain penumpang pesawat, jumlah penumpang bus juga mengalami penurunan.

“Jumlah wisatawan lokal yang nginap di hotel juga turun,” ujar Yusri.

Meski demikian, Yusri belum mengetahui pasti persentase penurunan tamu hotel. Yusri berharap wabah virus Corona tersebut cepat berlalu agar dunia perhotelan tidak lesu.

“Tamu asing nyaris enggak ada. Kalau ada bisa dihitung jari. Di Sabang sama juga karena Corona terjadi secara internasional,” kata Yusri.

Virus Corona bukan hanya terjadi di negara lain. Indonesia juga telah melaporkan satu pasien karena virus Corona meninggal dunia pada hari ini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>