Update Corona Global 11 April: 1,6 juta Positif, 100.859 Korban Meninggal


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Kasus infeksi virus corona secara global menembus 1,6 juta dengan angka kematian melewati 100 ribu, berdasarkan data teranyar pada Jumat (10/4).

AFP melaporkan bahwa angka kematian akibat virus corona mencapai total 100.859. Dari keseluruhan angka tersebut, 70 persen di antaranya berasal dari Eropa.

Merujuk pada data tersebut, kematian terbanyak terjadi di Italia dengan 18.849 kasus, disusul Amerika Serikat dengan 18.586.

Namun, episentrum pandemi Covid-19 masih berada di Amerika Serikat. Universitas Johns Hopkins bahkan melaporkan bahwa AS menjadi negara pertama yang melaporkan lebih dari 2.000 kematian akibat komplikasi virus corona dalam sehari.

Meski demikian, para pejabat AS dan Eropa terus menggaungkan harapan bahwa kurva angka infeksi virus corona itu akan segera melandai.

Presiden AS, Donald Trump, bahkan mengatakan bahwa perkiraan infeksi virus corona di negaranya sudah hampir mencapai puncak. Ia pun mulai mempertimbangkan membuka kembali negaranya dari lockdown sesegera mungkin.

“Tak perlu dipertanyakan lagi, ini merupakan keputusan terbesar yang pernah saya ambil,” ucap Trump.

Trump melontarkan pernyataan ini tak lama setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa mencabut lockdown secara prematur berisiko mempercepat Covid-19 kembali lagi.

Seolah tak peduli, Trump berkata, “Namun, apakah kalian tahu? Berdiam diri di rumah juga bisa berujung kematian.”

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>