Joe Biden Duga Trump Akan Tunda Pemilu karena Corona


Kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, memperkirakan Presiden Donald Trump akan menunda pemilu yang rencananya digelar November mendatang karena virus corona.

Mantan wakil presiden Barack Obama itu mengatakan bahwa menunda pemilu menjadi satu-satunya cara yang bisa digunakan Trump untuk menang.

“Ingat kata-kata saya, saya pikir dia akan mencoba untuk menunda kembali pemilu entah bagaimana caranya, bisa dengan beberapa alasan mengapa itu tidak dapat dilaksanakan,” kata penantang Trump itu saat penggalangan dana online, Kamis (23/4) waktu setempat seperti dikutip dari AFP.

Biden menyoroti ancaman yang disampaikan Trump baru-baru ini untuk menahan dana darurat ke Kantor Pos. Kata dia, cara itu menunjukkan Trump melakukan segala upaya membuat orang sulit untuk memilih.

Saat ini pemungutan suara melalui surat dan absensi dianggap paling memungkinkan digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun Trump berpendapat pemungutan melalui surat berpotensi terjadi penipuan.

Trump juga dituduh memanipulasi briefing harian virus corona di Gedung Putih menjadi acara kampanye.

Trump selama ini dinilai percaya diri menghadapi pemilu. Namun wabah virus corona yang mengakibatkan ekonomi AS terpuruk bisa menjadi sandungan bagi pria 73 tahun itu. Pandemi ini disebut mengakibatkan 26,4 juta warga AS kehilangan pekerjaan.

Saat ini AS menjadi negara dengan kasus dan kematian karena Covid-19 terbanyak di dunia. Hingga Jumat petang, AS memiliki 886.709 kasus virus corona dan 50.243 kematian.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>