Antisipasi Lonjakan Trafik, 3 Indonesia Optimalkan Jaringan di 216 Titik


AKTUALITAS.ID – Operator seluler 3 Indonesia telah mengoptimalkan jaringan mereka di 216 point of interest (POI) di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data atau trafik selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.

3 Indonesia memprediksi terjadi lonjakan lalu lintas data 10 persen pada Ramadan tahun ini, atau naik 49 persen jika dibandingkan dengan periode Ramadan tahun lalu.

Prediksi kenaikan lalu lintas data yang signifikan ini didorong oleh imbauan pembatasan fisik oleh Pemerintah yang memicu peningkatan penggunaan internet untuk mendukung kegiatan bekerja, belajar, beribadah, serta bersosialisasi dari rumah.

Tahun lalu, 3 Indonesia mencatat sebanyak 25 persen pengguna jaringan mereka di kota-kota besar di Tanah Air melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri.

Namun, tahun ini, 3 Indonesia mencatat sebesar 8 persen penggunanya di kota besar sebagian telah berpindah dari business area ke residential area, dan sebagian lagi melakukan mudik sebelum Ramadan dimulai.

Diprediksi jumlah pemudik akan jauh berkurang pada tahun ini menyusul larangan mudik yang telah dikeluarkan Pemerintah.

Oleh karena itu, 3 Indonesia memfokuskan optimasi jaringannya di 216 POI yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia.

Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

Penambahan 2.500 base transceiver station (BTS) juga dilakukan, serta penambahan kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area padat penduduk. Armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan untuk kebutuhan Idul Fitri.

Langkah antisipasi ini merupakan bagian dari upaya 3 Indonesia untuk memastikan penggunanya mendapatkan koneksi terbaik selama menjalani Ramadan dan merayakan Idul Fitri di rumah.

“Dengan adanya imbauan untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, hingga imbauan tidak mudik, kami memperkirakan peningkatan lalu lintas data akan lebih signifikan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, dalam siaran persnya.

Tim teknik 3 Indonesia juga telah dan akan tetap memantau serta mengendalikan seluruh jaringan melalui Network Operation Center (NOC) selama 24 jam non-stop.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate juga telah melakukan kunjungan virtual ke NOC 3 Indonesia untuk memastikan segala persiapan menjelang Ramadan telah berlangsung dengan baik.

Selain mempersiapkan jaringan untuk Ramadan, 3 Indonesia juga senantiasa meningkatkan dukungannya terhadap upaya penanganan pandemi virus corona (COVID-19). Mereka telah meningkatkan kualitas layanan di 121 rumah sakit rujukan COVID-19 di Indonesia.

3 Indonesia berharap melalui optimalisasi jaringan ini, pasien dan tenaga medis akan terhubung lebih baik dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman selama Ramadan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>