Selama Ramadan, Lalu Lintas Data Telkomsel Naik 22%


Logo Telkomsel

Telkomsel mencatatkan kenaikan lalu lintas layanan berbasis data internet naik 22,8 persen selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

“Kami memahami bahwa momen Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kali ini berlangsung di tengah masa yang penuh dengan tantangan pandemi COVID-19, sehingga cukup merubah cara masyarakat dalam merayakannya,” kata Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel, dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, dibandingkan dengan hari biasa pada 2020, trafik untuk layanan suara turun 0,9 persen dan SMS berkurang 12,1 persen, menunjukkan adopsi masyarakat terhadap layanan broadband semakin kuat.

Pada hari Idul Fitri 2020, kenaikan lalu lintas data sebesar 75,4 persen untuk layanan komunikasi berbasis data internet. Layanan video streaming naik sebesar 13,8 persen dan mobile gaming naik 83,7 persen.

Larangan pemerintah untuk mudik saat Lebaran juga berimbas pada kenaikan trafik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Lalu lintas data di wilayah tersebut melonjak 60,9 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Lonjakan pemakaian data saat Lebaran umumnya dipakai untuk mengakses platform media sosial. Secara berurutan Telkomsel mencatat lima aplikasi teratas yang digunakan saat Lebaran, yaitu YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Google Service.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>