Seiring Perbaikan Ekonomi, Pemprov DKI: Jumlah Pembagian Sembako akan Berkurang


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan, jumlah bantuan sosial sembako yang diberikan kepada masyarakat akan mengalami pengurangan. Hal tersebut terjadi seiring dengan perbaikan ekonomi seiring kebijakan pelonggaran PSBB yang dilakukan pemerintah.

“Perlu diketahui pembagian sembako kita akan terus dilaksanakan sampai gelombang pertama Juli dan diteruskan sampai Desember. Namun demikian, nanti jumlah pembagian sembako akan semakin berkurang seiring dengan pelonggaran, seiring dengan perbaikan ekonomi kita,” katanya dalam diskusi daring, Jumat (26/6/2020).

Meskipun demikian, dia tidak menjelaskan, secara terperinci terkait besaran pengurangan yang akan terjadi. Namun, berkurangnya jumlah paket sembako mempertimbangkan kondisi perekonomian masyarakat yang kembali menggeliat setelah dilakukan pelonggaran.

“Karena sebelumnya ojek online, usaha yang tidak bekerja, yang mati itu setelah ada pelonggaran bisa bekerja kembali dan pada akhirnya yang bersangkutan nanti secara berangsur-angsur tidak mendapatkan bantuan sosial,” ujarnya.

Politikus Gerindra ini menegaskan, pengurangan jumlah paket sembako mensyaratkan data yang valid terkait penerima manfaat. Sebab sejauh ini data terkait penerima manfaat memang belum sempurna. Pihaknya berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas data kesejahteraan sosial.

“Tentu kita harus punya data primer yang baik sehingga nanti pengurangan-pengurangan itu tidak menimbulkan masalah baru. Satu sisi, teman-teman menampilkan masih ada yang belum menerima, di sisi lain kita pemerintah akan mengurangi bantuan seiring dengan adanya pelonggaran dan semakin diberikannya kesempatan, sektor-sektor lain untuk dapat bekerja,” tandasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>