Memanasnya Hubungan AS-China, Rupiah Mampu Perkasa di Rp14.260 per dolar AS


AKTUALITAS.ID – Nilai tukar rupiah mampu kembali menguat terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Kamis, (2/7/2020). Rupiah bergerak di kisaran Rp14.260 per dolar AS.

Di pasar spot, saat ini rupiah diperdagangkan di level Rp14.265 per dolar AS. Menguat hingga 0,11 dari level perdagangan kemarin, Rabu, 1 Juli 2020 di level Rp14.282 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.516. Melemah cukup dalam dari level kemarin di posisi Rp14.341.

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pada dasarnya pelaku pasar keuangan dan investor khawatir terhadap semakin memanasnya hubungan AS dan China akibat disahkannya Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri Hong Kong.

Akan tetapi, dia menganggap, kondisi itu malah bisa membuat aliran modal asing yang selama ini mengendap di Hong Kong, menyebar ke negara-negara Asia lainnya, termasuk Indonesia.

“Maka ada keuntungan tersendiri bagi pasar dalam negeri yang kemungkinan aliran modal asing yang terparkir di Hong Kong akan kembali mengalir ke pasar dalam negeri,” tutur dia dikutip dari analisisnya, Kamis, 2 Juli 2020.

Secara bersamaan, Ibrahim melanjutkan, Bank Indonesia terus berupaya untuk menstabilkan mata uang garuda dengan melakukan intervensi di pasar valuta asing (valas), obligasi dan di pasar Domestic Non Delivery Forward (DNDF).

“Sehingga pasar kembali stabil walaupun dalam penutupan sore kemarin rupiah masih ditutup melemah namun tipis. Rupiah kemungkinan akan menguat terbatas di level 14.250-14.300,” ujar dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>