Survei: Publik Ingin 3 Menteri Ini Kembali ke Kabinet


Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo Pidato kepada para pendukung dan relawan dalam acara Visi Indonesia di Sentul International Convetion Center, Bogor, Jabar, Minggu (14/7/2019). Dalam kesempatan tersebut pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin menyampaikan visi-misi mereka dalam memimpin Indonesia 5 tahun mendatang. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Hasil sigi Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan publik memiliki harapan beberapa tokoh untuk masuk jajaran kabinet Indonesia Maju, jika Presiden Joko Widodo atau Jokowi jadi rombak kabinet.

Sejumlah mantan menteri yang diharapkan masuk kembali, ada pula tokoh-tokoh baru lain yang diharapkan masuk ke kabinet. Dengan persepsi tertinggi adalah Susi Pudjiastuti 37.2 persen, Arief Yahya 32.2 persen, dan Dahlan Iskan 31.4 persen. Nama lain yang pernah menjabat menteri pada periode sebelumnya, Rizal Ramli 28.8 persen dan Ignasius Jonan 27.1 persen.

“Pada peringkat keenam, ada nama Sandiaga Uno dengan 25.0 persen disusul Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 22.6 persen,” ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah dalam diskusi daring, Sabtu (4/7), seprti dikutipTempo.co

Metode survei yang digunakan IPO adalah Wellbeing Purposive Sampling (WPS), dengan melihat komposisi jumlah populasi di tiap wilayah tersurvei. WPS memungkinkan pendapat publik tersimpan dengan model spiral majority, setiap surveyor mendistribusikan questionnaire sesuai kuota sebaran, yakni kepada responden yang memiliki relevansi dengan yang dinilai.

Validitas data menggunakan triangulasi bertingkat, membandingkan antar data terinput, dengan analisis coder expert dan pengecekan ulang melalui wawancara via telepon sejumlah 20 persen dari total 1.350 responden tersebar di 30 Provinsi terpilih. Penentuan sampling error pada 3.54 persen dengan tingkat akurasi data dalam rentang maksimum 97 persen.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>