Pemkot Medan Tak Gelar Salat Idul Adha di Lapangan Merdeka


Lapangan Mederka Medan, Foto; Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kementerian Agama membolehkan pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H di masjid dan lapangan. Namun, Pemkot Medan tidak akan menggelarnya di Lapangan Merdeka, lokasi di pusat kota yang biasa menjadi tempat pelaksanaan ibadah ini.

Kebijakan tidak menggelar salat Idul Adha 1441 H di Lapangan Merdeka, Medan, ditegaskan Kepala Bagian Keagamaan Pemko Medan Agus Maryono kepada wartawan, Selasa (28/7/2020). Menurutnya, langkah ini dilakukan karena sulit untuk menerapkan ketentuan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18/2020 yang membolehkan masyarakat menggelar salat Id di masjid atau lapangan.

“Itu ada syarat-syaratnya. Syarat-syaratnya seperti memakai masker, disemprot, jarak satu meter,” ucap Agus.

Prosedur kesehatan itu sulit diterapkan karena salat Lapangan Merdeka biasanya dipadati jemaah. Selama ini salat Id yang digelar Pemkot Medan di titik nol kota ini melibatkan ribuan warga.

“Karena Medan seluruhnya masih zona merah, sekitar Lapangan Merdeka pun zona merah, Kota Medan masih zona merah, maka tahun ini salat yang biasanya dilaksanakan di Lapangan Merdeka belum dapat dilaksanakan. Karena biasanya itu kan ribuan orang, hampir tujuh ribu orang,” papar Agus.

Begitupun, Pemkot Medan tidak melarang warga menggelar salat Id di lapangan. Agus hanya mengingatkan agar pelaksanaannya tetap menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>