Amankan Tiket Pilkada Jember, Hendy-Firjaun Didukung NasDem


AKTUALITAS.ID – Partai NasDem akhirnya secara resmi melabuhkan dukungannya kepada pasangan Hendy Siswanto dan KH Muhammad Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) dalam Pilkada Jember 2020. Kepastian itu disampaikan dalam acara Konsolidasi DPD Partai Nasdem Jember yang diadakan pada Sabtu (15/8/2020).

“Rekom sudah dipastikan kepada Haji Hendy dan Gus Firjaun. Kalau ada kabar yang lain, itu tidak benar,” ujar Marzuki Abdul Ghofur, Ketua DPD Partai NasDem Jember saat memberikan pidato arahan kepada seluruh kader dan pengurus NasDem Jember yang hadir saat itu.

Kepastian itu juga diperkuat oleh keterangan dari perwakilan DPW Partai NasDem.

“Secara de facto, NasDem sudah selesai untuk Haji Hendy dan Gus Firjaun. Tinggal administratif dan teknis saja,” tutur Nico Ainul Yakin, Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dengan demikian, pasangan Hendy-Firjaun setidaknya telah melebihi syarat minimal untuk maju dalam Pilkada Jember 2020. Syarat minimal bagi pasangan untuk maju dalam Pilkada Jember adalah mendapat rekomendasi dari minimal 10 kursi di DPRD Jember.

Partai NasDem merupakan partai terbesar di DPRD Jember, yang memiliki 8 kursi, atau setara dengan PKB. Sebelum NasDem, pekan lalu DPP Partai Demokrat, melalui ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), telah memberikan secara langsung surat rekomendasi dukungan kepada Hendy-Firjaun di Jakarta. Di DPRD Jember, Partai Demokrat memiliki dua kursi.

Selain itu, Partai Berkarya juga sempat memberikan rekomendasi dukungan, namun belakangan menjadi kontroversi. Sebab, rekomendasi dari partai pemilik 1 kursi di DPRD Jember itu diberikan ketika masih dipimpin oleh Tommy Soeharto. Belakangan, setelah Muchdi PR menggantikan jabatan Tommy, rekomendasi Partai Berkarya itu dikabarkan berubah.

Meski sudah melampaui syarat minimal, Hendy-Firjaun menegaskan, tetap akan berusaha menambah dukungan dari partai lain. Sebab, sejak awal, Hendy menegaskan, untuk berhadapan dengan petahan secara head to head atau meraih dukungan dari seluruh partai yang ada di Jember.

Bupati Jember, dr Faida saat ini sudah memastikan diri untuk kembali maju dari jalur independen.

“Sebab, untuk membenahi kerusakan yang ada di Jember ini, saya berpikir kita harus bersatu semua. Kami akan bekerja keras sampai 2 September 2020 nanti (masa pendaftaran bakal calon dalam Pilkada Jember),” ujar Hendy dalam kesempatan yang sama.

Tak hanya itu, Hendy juga mematok target tinggi dalam Pilkada Jember 2020 ini.

“Target kami adalah menang dengan 70 persen suara,” tegas Hendy.
Adapun pendamping Hendy, Gus Firjaun juga bertekad untuk meraih dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Jember.

“Kami ingin merangkul semua potensi yang ada,” ujar putra mantan Rais Am PB NU, KH Achmad Shiddiq ini.

Sebelumnya, pada akhir Juli 2020 lalu, seluruh partai pemilik kursi di DPRD Jember, menandatangani kesepakatan untuk berupaya mengajukan satu pasang nama yang sama dalam Pilkada Jember.

Sebanyak 11 partai itu mengajukan surat resmi ke DPP masing-masing yang meminta agar diupayakan adanya koalisi besar menghadapi petahana.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>