PDIP Gelar Upacara HUT RI ke-75 di Lapangan Banteng, Peserta Dibatasi


PDI Perjuangan menggelar Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (17/8/2020). Foto/Istimewa

AKTUALITAS.ID – Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan, mengatakan, partainya hari ini akan mengadakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75. Sebab suasana pandemi, peringatan akan dihadiri dengan jumlah peserta terbatas.

“Peserta upacara bendera dibatasi sebanyak 75 orang. Jumlah ini merupakan simbolik peringatan kemerdekaan Indonesia ke 75 dan juga untuk memenuhi protokol pencegahan Covid-19,” kata Hasto lewat siaran pers diterima, Senin (17/8/2020).

Hasto menjelaskan, upacara detik-detik Proklamasai adalah tradisi PDI Perjuangan yang selama ini dibangun. Nantinya, upacara ini akan berlokasi di Lapangan Banteng.

Hasto mengungkap, lokasi itu sengaja dipilih karena memiliki nilai historis semangat pembebasan Irian Barat dari imperialisme dan kolonialisme dihadirkan dengan patung pembebasan.

“Patung pembebasan berbentuk sosok pemuda kekar menjebol mata rantai penjajahan, menjadi bukti berakhirnya Belanda di Indonesia, dan lengkaplah kesatupaduan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” jelas Hasto.

Hasto berharap, semangat filosofis patung tersebut dapat senada dengan semangat pemuda-pemudi Indonesia yang tergerak nasionalismenya dan tanpa kenal lelah, berjuang untuk kemajuan bangsa.

“Seperti semangat Bung Karno pada Indonesia, maju dicapai melalui kerja keras, perjuangan, keberanian, berdikari dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan mendorong kemajuan di seluruh aspek kehidupan,” harap Hasto.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>