Dengan Protokol Kesehatan, Anies akan Izinkan Bioskop di Jakarta Kembali Beroperas


Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bioskop akan kembali diizinkan beroperasi dalam waktu dekat. Saat ini, Pemprov DKI sedang mengkaji regulasi untuk pembukaan bioskop selama pandemi Covid-19.

“Dalam waktu dekat kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka, dengan protokol kesehatan yang tetap dilakukan,” ujar Anies di Graha BNPB Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Anies menyebutkan nantinya dalam regulasi akan diatur secara detil mengenai aturan apa saja yang wajib diterapkan oleh pelaku usaha bioskop, karyawan, hingga pengunjung.

Salah satu poin penting saat bioskop dibuka adalah adanya standar pelayanan baru, seperti pembelian tiket hanya dilakukan secara online, pengunjung bioskop wajib sehat tidak bersuhu tubuh di atas 38 derajat, tidak flu, tidak batuk, tidak sesak napas.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menuturkan, regulasi ini penting dibuat agar memastikan satu kegiatan usaha aman dari potensi penularan Covid-19.

“Lewat regulasi detil dan pengawasan ketat sehingga selaku industri memberikan jasa tanpa resiko yang besar,” ucapnya.

Dia melanjutkan, sejumlah pertimbangan bioskop di Jakarta diizinkan kembali dibuka mengingat pentingnya hiburan bagi warga Jakarta di tengah kondisi yang serba tertekan. Selain itu, ia juga berkaca dari beberapa negara yang tetap membuka bioskop kendati jumlah kasus Covid-19 tetap bertambah.

“Merujuk kepada study dan kajian para pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bioskop yang sudah dilakukan di berbagai negara, 47 negara saat ini kegiatan di bioskop sudah berjalan biasa di Korea Selatan bahkan selama masa pandemi bioskop tidak ditutup,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>