Lokasi Wisata Dekat Pesantren, Santri Desak Tutup Wisata Bukit Bintang


AKTUALITAS.ID – Sejumlah massa dari kalangan masyarakat dan santri angan Badung, Kecamatan Palengaan, Senin (5/10/2020).

Penutupan tersebut berawal dari pernyataan sikap dari sejumlah tokoh dan pengasuh pondok pesantren yang berdekatan dengan lokasi wisata atau kedai di area perbukitan, di mana mereka melakukan beragam kajian dan pertimbangan bijak demi kemaslahatan bersama.

Pernyataan sikap yang ditanda tangani pada 8 September 2020, ditujukan kepada Kapolsek Palengaan, dilengkapi dengan tembusan kepada Camat Palengaan, Koramil Palengaan, serta Kepala Desa Larangan Badung. Di mana dalam pernyataan sikap tersebut juga disertakan beragam pertimbangan bijak.

Setidaknya terdapat lima poin penting yang dijadikan bahan pertimbangan, di antaranya lokasi wisata berdekatan dengan lembaga-lembaga pendidikan Islam, potensi campur aduk laki-laki dan perempuan yang tidak sesuai dengan kultur pesantren sebagai pengembangan pendidikan Islam.

Selain itu juga terdapat poin tentang adanya potensi para santri yang akan melanggar aturan yang mengakibatkan keresahan dari kalangan pemimpin pesantren, serta mencegah tumbuh kembangnya wisata baru yang mengikis moral masyarakat khususnya di kalangan pesantren.

“Dari itu kami meminta pihak terkait agar segera menutup lokasi (Bukit Bintang) ini, karena keberadaan wisata ini sangat tidak etis karena berdekatan dengan pusat pendidikan Islam di Pamekasan, yaitu pesantren,” kata salah satu orator aksi.

Aksi tersebut dilakukan sebagai upaya konkrit bentuk pencegahan terhadap potensi persoalan sosial, terlebih poin pernyataan sikap dengan pertimbangan bijak dari para pimpinan pesantren di sekitar lokasi sudah disertakan ke pihak terkait sebagai upaya koordinasi dan konsolidasi antara tokoh dan pemerintah.

“Dari itu kami meminta pihak terkait, khususnya pemerintah kabupaten Pamekasan agar segera melakukan langkah konkret dengan menutup lokasi ini karena lebih banyak mudharat dibandingkan manfaat,” pungkasnya.

Dalam aksi tersebut terdapat sejumlah personel pengamanan dari jajaran TNI-Polri, serta petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pamekasan. Mereka disiagakan guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. [beritajatim]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>