Gema Cita Apresiasi Anies Baswedan Bawa Jakarta Sebagai Kota Terbaik di Dunia


Sekretaris Jenderal Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta ( Gema Cita ), Hilman Firmansyah Mengapresiasi Kota DKI Jakarta atas terpilihnya sebagai Kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Dibawah Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan torehan prestasi yang membanggakan terus diukir.

Penghargaan ini diberikan atas kemajuan di sistem transportasi publik dan mobilitas sebuah kota. Kemenangan Jakarta diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020.

Kemenangan Jakarta ini yang kedua, tahun lalu juga menjadi juara dua. Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo, ungkapnya dalam siaran persnya, Minggu ( 1/11/2020).

Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dll.

Dalam setahun terakhir jajaran Pemprov DKI, BUMD dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta.

Seperti perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik, tuturnya.

STA 2021 merupakan kemenangan seluruh warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC.

Peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta bahkan sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian TransJakarta pada Februari lalu sebelum pandemi.

Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat. Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di kota Jakarta justru meningkat pesat.

Hilman Mendorong kepada seluruh warga DKI Jakarta untuk mendukung Langkah kedepan Kinerja Gubernur DKI atas pencapaian penghargaan yang diakui dunia, selamat untuk warga Jakarta dan Kerja keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas penghargaan kota terbaik di dunia dalam Sustainable Tranport Award 2021, tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>