BPPTKG: Sejak Pukul 00.00 Hingga Pukul 06.00 WIB Tak Terjadi Guguran Lava Pijar dan Awan Panas Merapi


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida merilis perkembangan teranyar dari aktivitas Gunung Merapi.

Menurut data tercatat di pos pemantauan, pada hari ini terhitung sejak pukul 00.00 WIB, belum ada kejadian awan panas hingga pukul 06.00 WIB.

“Belum tercatat rentetan awan panas, namun sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari ini telah terjadi gempa guguran sebanyak 45 kali, embusan 3 kali, dan fase banyak 4 kali, sementara untuk guguran lava pijar pada periode ini tidak ada,” ujarnya melalui keterangan pers, Kamis (28/1/2021).

Hanik melanjutkan, dalam 24 jam terakhir, aktivitas vulkanik Gunung Merapi cukup fluktuatif. Tercatat 52 kali menyemburkan awan panas dengan jarak luncur awan panas yang semakin jauh.

“Jarak luncur awan panas terjauh mencapai 3 kilometer dari puncak. Amplitudo maksimal dari 52 kali semburan tercatat sebesar 77 milimeter, dengan durasi 317.80 detik,” jelas dia.

Dia menambahkan, dari luncuran jarak luncur mencapai 3 kilometer tersebut, teramati arahnya adalah barat daya yakni ke hulu Kali Krasak dan Boyong.

“Tinggi kolom (luncuran) teramati tersapu angin kencang dari barat ke timur rata puncak,” kata Hanik.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>