Mensos Usul agar Daerah Mandiri Penanganan Pasca Bencana


Menteri Sosial Tri Rismaharini

AKTUALITAS.ID – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini mengusulkan agar daerah bisa secara mandiri melakukan penanganan pascabencana. Usulan itu pun sudah disampaikannya ke Presiden Joko Widodo.

“Kemarin saya coba usulkan di DAK (dana alokasi khusus) 2022, mudah-mudahan bisa disetujui, saya juga sudah laporkan ke bapak Presiden supaya daerah mandiri,” kata Risma, di Surabaya, Minggu (28/2/2021).

Penanganan yang dimaksud adalah menyiapkan tenda, dapur umum, genset, alat berat serta peralatan lain. Hal itu diharapkan bisa secara mandiri dilakukan daerah, sebelum bantuan Kemensos datang.

“jadi DAK untuk peralatan-peralatan untuk daerah bisa mandiri sebelum kami datang, termasuk juga untuk DAK alat berat,” ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, Risma pun ingin mengalihkan anggaran pembangunan gedung, agar penanganan bencana di daerah bisa lebih maksimal.

“Saya tahun ini coba tidak membangun gedung, tapi maksimalkan untuk operasional penanganan bencana ini bisa lebih maksimal,” ucapnya.
Lihat juga: Risma Minta Ponpes Korban Longsor di Pamekasan Dipindah

Meski begitu, Risma belum mengetahui hal itu bisa terealisasi atau tidak, sebab masih dalam tahap usulan di DAK 2022 mendatang.

“Tapi ya kita nggak tahu ya, karena itu masih usulan, bisa disetujui bisa tidak” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>