Tujuan untuk Rekreasi, Parlemen Meksiko Setujui RUU Legalisasi Ganja


Ilustrasi-Ganja, (Ist)

Anggota parlemen di Meksiko menyetujui RUU legalisasi ganja untuk tujuan rekreasi pada Rabu malam, sebuah tonggak bersejarah bagi negara tersebut yang masih berkutat dengan perang terhadap narkoba dan bisa menjadi pasar ganja terbesar di dunia.

Hasil pemungutan suara di majelis rendah Meksiko atau DPR yaitu 316 yang sepakat dan 129 menolak. Keputusan ini diketok lebih dari dua tahun setelah Mahkamah Agung Meksiko memutuskan ganja untuk rekreasi ilegal dan lebih dari tiga tahun setelah negara tersebut melegalisasi ganja untuk tujuan pengobatan.

Majelis tersebut menyetujui RUU tersebut secara umum sebelum dilanjutkan ke dalam pembahasan panjang dengan kemungkinan sejumlah revisi yang akan diusulkan para anggota parlemen. RUU kemudian akan diserahkan ke Senat sebelum dikirim ke Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang telah mengisyaratkan dukungan untuk legalisasi ini.

Jika nantinya RUU ini disahkan, orang dewasa diperbolehkan mengisap ganja dan bisa menanam ganja di rumah dengan disertai izin. RUU ini juga memberikan izin untuk produsen – dari petani kecil sampai penanam komersial – untuk memanen dan menjual ganja.

“Hari ini kami dalam sebuah momentum bersejarah,” ujar seorang anggota parlemen dari partai Morena yang berkuasa, Simey Olvera.

“Dengan ini, kepercayaan keliru bahwa ganja adalah bagian masalah serius kesehatan masyarakat Meksiko tertinggal di belakang,” lanjutnya, dikutip dari The New York Times, Kamis (11/3).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>