Soal Kerumunan Bandara, Mahfud Anggap Habib Rizieq Cari Alibi


Menko Polhukam, Mahfud MD. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut tak akan menanggapi serius pernyataan Rizieq Shihab dalam eksepsi atau pembelaan di persidangan. Mantan pentolan FPI itu menyalahkan Mahfud sebagai penyebab kerumunan bandara.

Menurut dia, pernyataan yang dilontarkan Rizieq siang tadi, adalah hal biasa yang dilakukan orang yang tengah mencari pembelaan. Rizieq kata dia, sedang mencari alibi.

“Ndak papa biasa orang cari alibi kan kita pemerintah tidak akan terlalu serius menanggapi hukum pidana dengan hukum administrasi,” kata Mahfud saat dikonfirmasi, Jumat (26/3).

Hukum administrasi yang dimaksud Mahfud adalah diskresi yang diberikan pemerintah saat Rizieq pulang dari Arab Saudi awal 2020 lalu. Maka kata Mahfud, apa yang disampaikam Rizieq dalam eksepsinya tak akan dipermasalahkan oleh pihaknya.

Dia sepenuhnya akan membiarkan Rizieq mengemukakan berbagai alasan di pengadilan. Mahfud mengatakan pihaknya tak akan merespons balik tudingan Rizieq ke pengadilan.

Sebab apa yang ada di pengadilan saat ini hanya berkaitan dengan pasal-pasal yang didakwakan. Lagi pula kata Mahfud, jika pun dia menyampaikan pembelaan kepada majelis hakim terkait pernyataan Rizieq ini, tentu tak akan direspons oleh majelis hakim.

Mahfud yakin hakim sepenuhnya tahu apa yang dilakukan pemerintah melalui Menko Polhukam saat itu adalah hukum administrasi.

“Hakim ndak akan mendengarkan itu, memang enggak perlu itu, karena Hakim tahu yang dilakukan oleh Menko Polhukam itu hukum administrasi, bukan hukum pidana,” kata Mahfud.

“Melebar ke suatu hukum administrasi yang dilakukan oleh pemerintah itu sama sekali ndak relevan, hanya untuk menggiring masyarakat bahwa saya tidak salah, yang salah Menko Polhukam karena mengizinkan,” lanjut Mahfud.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga menyinggung Rizieq yang pernah berpidato dan menyampaikan terima kasih secara khusus kepadanya.

Saat belum ditangkap polisi dan didakwa atas kerumunan, Rizieq pernah berpidato menyampaikan terima kasih kepada Mahfud yang telah memberi diskresi di bandara.

Namun sekarang, setelah ditahan Rizieq justru menyalahkan Mahfud atas kejadian tersebut.

“Padahal malamnya pidato dia itu terima kasih kan kepada Menko Polhukam yang sudah mengizinkan pulang dan sebagainya. Sekarang malah dibalik katanya salahnya Menko Polhukam,” kata Mahfud.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>