Soal Jozeph Paul Zhang, Menag Minta Umat Tak Merendahkan Keyakinan Agama Lain


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas angkat bicara terkait kasus dugaan penistaan agama dilakukan Youtuber Jozeph Paul Zhang. Menag Yaqut mengapresiasi langkah proaktif kepolisian yang menindaklanjuti kasus dugaan penistaan agama tersebut.

“Saya mengapresiasi langkah proaktif aparat dalam menindaklanjuti dan mengambil tindakan atas laporan ujaran yang mengandung penistaan dan menimbulkan keresahan,” ujar Yaqut kepada wartawan, Minggu (18/4/2021).

Yaqut meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi masalah ini. “Saya minta masyarakat untuk tetap tenang, mengedepankan kebersamaan dan toleransi di tengah upaya berbagai pihak mengadu dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Dia menegaskan, penistaan agama tidak dibenarkan atas alasan apapun. Umat beragama tidak boleh merendahkan atau menyalahkan ajaran dan keyakinan agama lainnya.

“Kedepankan toleransi. Mari yakini kebenaran agama masing-masing dengan tetap menghormati dan menghargai saudara sebangsa yang berbeda keyakinan,” kata Yaqut.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mendukung langkah aparat kepolisian untuk segera memproses hukum Jozeph Paul Zhang. Hal itu supaya kasus ini tidak melebar kemana-mana.

Dia menilai, apa yang dilakukan Jozeph telah melukai perasaan umat Islam dan harmoni kehidupan beragama. “Saya mendukung langkah aparat kepolisian untuk melakukan langkah-langkah hukum agar masalah ini dapat segera ditangani dengan baik dan tidak melebar ke mana-mana,” kata Zainut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>