Mahfud MD Berharap Kementerian dan Lembaga Negara Sabar Pemotongan Anggaran Akibat Covid


Menko Polhukam Mahfud MD

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD berharap kementerian dan lembaga negara bisa bersabar usai mengalami pemotongan anggaran selama pandemi virus corona (Covid-19).

Dia menegaskan bahwa anggaran tiap kementerian dan lembaga memang dikurangi Presiden Jokowi, tetapi demi penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Pada 2021 ini pun DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) baru saja diberikan presiden, kita sudah diminta melaksanakan refocusing anggaran yang selanjutnya diserahkan ke Kementerian Keuangan,” kata Mahfud saat memberikan sambutan dalam acara BPK yang juga ditayangkan secara daring, Selasa (29/6/2021).

Mahfud mengatakan bahwa pandemi Covid-19 adalah fakta yang tak bisa dihindarkan dan harus dihadapi pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah pun harus mengambil kebijakan yang tepat soal anggaran.

“Kondisi ini memang tidak dapat dihindari karena memang kita semua harus berkonsentrasi menangani Covid-19 dan memulihkan ekonomi nasional,” kata dia.

“Yang penting niat kita baik,” sambungnya.

Meski begitu, Mahfud menyebut persoalan anggaran bukan satu-satunya yang harus dihadapi pemerintah dalam menangani Covid-19. Menurut Mahfud, hal lain yang harus dihadapi yaitu masih banyak kalangan yang tidak percaya dengan Covid-19.

Salah satunya seorang profesor yang percaya bahwa Covid-19 merupakan konspirasi untuk menghancurkan umat muslim di dunia.
“Mengelola anggaran mungkin kita cuma gampang memindah ini ke sini, orang ini ke sini. Tetapi memang ada beberapa hal yang enggak mudah bagi pemerintah selesaikan Covid-19,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>