Satgas Dorong Masyarakat Terlibat Mengatasi Pandemi Covid- 19


Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Penanganan Pandemi COVID-19, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (07/06/2021). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

AKTUALITAS.ID – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menyerukan agar masyarakat terlibat dalam upaya mengatasi pandemi di Indonesia.

Keterlibatan itu antara lain dengan #ingatpesanibu untuk menjalankan protokol kesehatan yang sesuai, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Ganip mengatakan, upaya menyelesaikan pandemi tak bisa dilakukan pemerintah semata, namun harus beserta sinergitas masyarakat.

“Dalam kegiatan Satgas ini hendaknya kita bisa membuat satu pekerjaan menjadi pekerjaan bersama,” katanya dalam rapat koordinasi Satgas Covid-19 yang disiarkan melalui kanal YouTube Pusdalops BNPB.

Selain itu, Ganip juga meminta agar komunitas mikro seperti kelurahan dapat membuat peraturan pencegahan Covid-19, misalnya seperti menutup sebagian akses jalan.

Misalnya, memfungsikan satu jalan di desa dan menutup akses jalan-jalan lain.

Hal senada diungkapkan oleh epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Dicky Budiman yang sejauh ini sinergi pemerintah dan masyarakat Indonesia belum terbentuk menyeluruh.

“Kalau bicara secara umum, kita masih melihat belum adanya sinergi yang memadai, karena informasi yang diterima masyarakat beragam,” kata Dicky dilansir dari Antara, Selasa (29/6).

Menurut Dicky, pelacakan kasus dengan mengandalkan tenaga kesehatan atau petugas pemerintah tidak akan efektif. Padahal saat ini, menemukan kasus Covid-19 sebanyak-banyaknya adalah langkah penting.
“Apalagi dengan melonjaknya kasus di rumah sakit, jadi sinergi itu bisa libatkan kader dan tokoh masyarakat terlibat. Tenaga kesehatan bisa menjadi supervisor,” ujarnya.

Sinergi itu sendiri perlu diterapkan hingga ke tingkat bawah, di mana pemerintah daerah (pemda) sampai level RT memiliki peran vital karena tanggung jawab dan pengetahuan tentang kondisi daerah masing-masing.

Dicky kemudian mendorong pemda berperan lebih optimal dan tidak hanya menunggu instruksi pemerintah pusat. Dia juga mengatakan, kebijakan PPKM skala mikro adalah tepat.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>