DPR Berulang Kali Ingatkan Bulog untuk Jaga Kualitas Beras Bansos


Anggota Komisi VI DPR RI, Elly Rachmat Yasin,@Istimewa

AKTUALITAS.ID – Anggota Komisi VI DPR RI, Elly Rachmat Yasin, menilai Perum Bulog seharusnya memperhatikan kualitas beras yang diserahkan ke masyarakat sebagai bantuan sosial. Hal itu menanggapi temuan sejumlah beras bansos tidak layak konsumsi denga wujud beras keras membatu, di Pandeglang, Banten.

“Ditemukannya sejumlah beras bantuan sosial (Bansos) tidak layak konsumsi seperti puluhan karung beras ‘batu’ yang keras di Pandeglag Banten bukti bahwa Perum Bulog masih teledor menjaga kualitas beras bansos. Kejadian ini sangat disayangkan di tengah warga yang sedang memerlukan bantuan. Pada kondisi seperti ini mestinya Bulog memperlihatkan layanan yang baik kepada masyarakat yang sedang berjuang di masa pandemi Covid-19,” ujar Elly dalam keterangannya, Jumat (6/8/2021).

Ia mengatakan, Komisi VI berulang kali mengingatkan Bulog untuk menjaga kualitas beras untuk rakyat. Perlu pengelolaan gudang yang baik, hingga distribusi yang tepat sasaran.

“Kami di Komisi VI DPR sebelumnya telah berkali-kali mengingatkan agar Bulog menjaga kualitas beras untuk rakyat. Diperlukan manajemen pengelolaan gudang yang lebih baik, monitoring pada pengangkutannya hingga distribusinya agar tepat sasaran,” ujarnya.

Anggota DPR Fraksi PPP ini bilang, beras sebagai makanan pokok harus dijaga kebersihan dan kualitasnya. Jangan lagi ada temuan beras bansos membatu, atau menguning.

Perum Bulog seharusnya profesional menjalankan tugas penyaluran beras kepada warga kurang mampu di tengah pandemi Covid-19.

“Perum Bulog sebagai BUMN bidang pangan yang ditugaskan seharusnya menjalankannya secara profesional dengan beras yang terjaga kualitasnya. Saat ini, di beberapa daerah sudah mulai turun hujan. Bulog mestinya lebih cermat membaca situasi sehingga kualitas setiap 10 kilo gram beras untuk 28,8 juta keluarga penerima dapat terjaga,” ujar Elly.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>