KSP Tegaskan Panglima Penanganan Covid-19 Bukan Luhut atau Airlangga


AKTUALITAS.ID – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menegaskan bahwa pimpinan tertinggi penanganan Covid-19 di Indonesia adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan, seluruh menteri mendapat perintah langsung dari presiden untuk penanganan pandemi di lapangan.

Pernyataan Moeldoko ini menanggapi desakan sejumlah pihak agar penanganan pandemi langsung ditangani oleh presiden, bukan diwakili oleh menteri koordinator.

“Saya selalu katakan panglima tertinggi di dalam penanganan Covid adalah presiden. Pak Luhut, Pak Airlangga semuanya mendapat instruksi sangat clear di rapat kabinet oleh presiden. Itu menunjukkan beliau seorang panglima dalam hal penyelesaian Covid. Jadi jangan lagi didiskusikan,” kata Moeldoko dalam keterangan persnya di RS Darurat Wisma Atlet, Jumat (6/8/2021).

Moeldoko mencontohkan, saat Presiden Jokowi menerima laporan mengenai distribusi logistik yang bermasalah, maka ia langsung memerintahkan Panglima TNI untuk segera menyiapkan unit pesawat untuk mengantar kebutuhan logistik. Moeldoko melanjutkan, contoh lain saat presiden menerima laporan bahwa ketersediaan ICU terbatas, maka Menteri Kesehatan langsung diperintah untuk mencukupi kebutuhan bagi pasien.

“Itu adalah pimpinan tertinggi dalam struktur penanganan Covid. Jadi tidak perlu lagi didiskusikan,” ujarnya.

Moeldoko juga menyampaikan, kritik dan masukan boleh-boleh saja disampaikan kepada pemerintah. Namun menurutnya, pandemi Covid-19 adalah masalah bersama sehingga pemerintah pun perlu dukungan masyarakat agar seluruh program penanganan Covid-19 bisa berjalan baik.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>