Kemeterian ESDM Catat Jawa Barat Pengguna PLTS Atap Terbesar di Indonesia


AKTUALITAS.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat Jawa Barat sebagai provinsi dengan memiliki kapasitas daya terbesar pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di Indonesia. Di mana besarannya mencapai 8,84 megawatt peak (MWp).

“Kalau kita lihat sebaran 35 MWp, Jawa Barat paling banyak dengan hampir 9 MWp,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, seperti dikutip dari Antara dalam diskusi daring bertajuk “Pemanfaatan PLTS Atap” yang dipantau di Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Setelah Jawa Barat, empat provinsi penyumbang energi surya terbesar adalah Jakarta Raya 6,99 MWp, Jawa Tengah dan Yogyakarta 5,81 MWp, Jawa Timur 4,54 MWp, dan Banten 2,31 MWp.

Dadan menjelaskan total pelanggan PLTS atap di Indonesia sampai Juli 2021 sebanyak 4.208 pelanggan dengan total daya listrik yang dihasilkan mencapai 35,56 MWp.

Sektor rumah tangga menempati porsi terbanyak dalam menggunakan PLTS atap dengan jumlah mencapai 3.300 pelanggan, disusul bisnis 299 pelanggan, sosial 255 pelanggan, pemerintah 133 pelanggan, industri 28 pelanggan, dan layanan khusus 13 pelanggan.

“Jumlah pelanggan ini sudah mulai tersebar bahkan sampai ke wilayah lain. Papua dan Papua Barat juga sudah ada yang memasang PLTS atap,” ungkap Dadan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>