Desak Rekonsiliasi, Menlu Qatar ke Kabul Temui PM Taliban


Menlu Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, Reuters

Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Afghanistan rezim Taliban, Mullah Muhammad Hasan Akhund, pada hari Minggu (12/9).

Dalam kunjungan singkat itu, Al-Thani meminta rezim Taliban yang kini menguasai Afghanistan melibatkan semua pihak di negara itu dalam rekonsiliasi nasional.

Kementerian Luar Negeri Qatar menuturkan Al-Thani dan Akhund juga membicarakan masalah keamanan Afghanistan saat ini.

“Sheikh Mohammed dan perdana menteri baru Akhund juga mendiskusikan upaya konkret bersama memerangi organisasi teroris yang mengancam stabilitas Afghanistan hingga cara-cara meningkatkan perdamaian di negara itu,” kata Kementerian Luar Negeri Qatar seperti dikutip Reuters pada Senin (13/9).

Qatar memang dianggap sebagai salah satu negara yang selama ini sangat berpengaruh dalam upaya rekonsiliasi di Afghanistan.

Ibu kota Qatar, Doha, juga menjadi basis kantor perwakilan politik Taliban selama ini yang mewakili kelompok itu bernegosiasi dengan pihak asing, termasuk dengan Amerika Serikat.

“Pertemuan itu berfokus pada hubungan bilateral, bantuan kemanusiaan, pembangunan ekonomi dan interaksi dengan dunia,” ujar Taliban.

Selain PM Afghanistan, pertemuan yang berlangsung di Istana Presiden Kabul juga dihadiri oleh beberapa pejabat Afghanistan lainnya.

Wakil Perdana Menteri Abdul Salam Hanafi, Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi, Menteri Pertahanan Yaqoob Mujahid, Menteri Dalam Negeri Sirajuddin Haqqanim dan Kepala Intelijen Abdul Haq Wasiq turut hadir dalam pertemuan dengan Al-Thani.

Taliban mengatakan kepemimpinan Islamic Emirat of Afghanistan mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah Qatar karena telah mendukung rakyat Afghanistan.

Selain bertemu rezim Taliban, Al-Thani juga menemui Abdullah Abdullah, mantan pejabat senior era pemerintahan Afghanistan yang digulingkan Taliban dan mantan presiden Hamid Karzai.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>