Hampir 2 Kali Lipat Sehari, Kasus Covid-19 China Naik Lagi


Ilustrasi, Foto: Istimewa

China melaporkan infeksi Covid-19 harian meningkat hampir dua kali lipat dengan total 92 kasus pada Senin (13/9). Sehari sebelumnya, China melaporkan 49 kasus dalam 24 jam terakhir.

Komisi Kesehatan Nasional China mencatat sebanyak 59 kasus Covid-19 lokal tercatat di Provinsi Fujian, bagian tenggara Tiongkok, pada Senin. Sebanyak 15 pasien Covid-19 itu di antaranya merupakan anak-anak.

Sehari sebelumnya, penularan harian virus corona di wilayah Fujian mencapai 22 kasus.

Dalam waktu empat hari, pihak berwenang China melaporkan 102 kasus Covid-19 di Fujian, provinsi yang berbatasan dengan Zhejiang di utara dan Guangdong di selatan.

Lonjakan kasus Covid-19 berlangsung menjelang liburan Hari Nasional selama sepekan mulai 1 Oktober mendatang. Padahal, China baru mengklaim berhasil mengendalikan penyebaran virus corona varian Delta pada Agustus lalu.

Kemunculan klaster Covid-19 baru di Fujian bermula dari Putian, sebuah kota berpenduduk 3,2 juta jiwa. Kota Putian melaporkan kasus pertama Covid-19 pada 10 September lalu.

Beberapa kasus Covid-19 di Putian menunjukkan bahwa pasien tertular varian Delta.

Varian Delta juga telah menyebar ke kota Xiamen, yang melaporkan 32 kasus penularan pada Senin kemarin. Padahal, sehari sebelumnya, Kota Xianmen mendeteksi satu kasus Covid-19.

Seperti Putian, Xianmen juga telah menutup wilayah (lockdown) sebagoan wilayah dengan klaster Covid-19 tinggi, menutup sekolah tatap muka, menutup tempat umum, pusat kebugaran, hingga bar.

Putian dan Xianmen juga telah melarang penduduk pergi keluar kota tanpa alasan penting.

Dikutip Reuters, sampai saat ini, kedua kota itu masih belum memutuskan akan melakukan lockdown total atau tidak.

Tiga kasus Covid-19 baru juga dilaporkan di kota Quanzhou pada Senin.

Satu distrik di Quanzho juga sudah menghentikan layanan bus kota, menutup beberapa tempat umum, menangguhkan makan di restoran, dan mengharuskan penduduk untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu ke luar distrik.

Kebijakan ini diambil lantaran penduduk di bagian kota itu sering bepergian ke Putian.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>