Akibat Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Gunungsitoli Sumut Terendam Banjir


Warga mengamankan motor dari banjir yang merendam kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Sedikitnya 350 rumah milik warga di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, terendam banjir akibat meluapnya sejumlah sungai setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sejak Kamis (16/12) malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli, Ignatius Harefa mengatakan air yang menggenangi rumah warga berasal dari luapan Sungai Nou, Sungai Afia serta Sungai Sowu. Ketinggian air mencapai 1 meter hingga 4 meter.

“Banjir terjadi akibat terjadinya intensitas hujan yang cukup tinggi di Kota Gunungsitoli sejak Kamis malam. Air sungai meluap dan menggenangi rumah warga mulai Jumat dini hari,” kata Harefa dikutip Antara, Jumat (17/12/2021).

Harefa menjelaskan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam banjir dilakukan oleh BPBD Kota Gunungsitoli bekerja sama dengan Basarnas Nias, Satpol PP dan TNI dari Kodim 0213/Nias.

Saat ini, kata Harefa, sebagian warga sudah pulang untuk membersihkan rumah mereka masing-masing menyusul ketinggian air yang sudah mulai surut.

“Usai terjadinya banjir, BPBD Kota Gunungsitoli mendistribusikan air bersih untuk keperluan warga yang terdampak banjir dan selalu standby jika ada peningkatan kondisi,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>