Per November 2021, Penyaluran KUR Bank Mandiri Tembus Rp33,68 T


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) hingga November 2021 sebesar Rp33,68 triliun kepada lebih dari 353 ribu debitur.

Khusus untuk sektor pariwisata, KUR tersalur senilai Rp4,79 triliun untuk periode sama. Kredit tersebut disalurkan kepada lebih dari 44 ribu pelaku UMKM.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menyebut peran KUR kian penting untuk membantu kelangsungan UMKM di tengah lesunya sektor pariwisata akibat pandemi covid-19.

“Kami menyadari bahwa pelaku sektor usaha, khususnya UMKM terdampak covid perlu mendapatkan perlakuan khusus agar mereka bisa bertahan, atau bahkan bangkit dengan melakukan penyesuaian proses bisnis,” kata Rudi pada Media Gathering Bank Mandiri, Jumat (17/12/2021).

Dia melanjutkan bahwa penyaluran KUR ke sektor pariwisata merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, serta meningkatkan kapasitas daya saing UMKM.

“Saat ini perekonomian masyarakat sudah menunjukkan perbaikan dan terus meningkat, kami berharap tren ini dapat terus berkembang sehingga memberikan dampak positif pada sektor usaha lainnya seperti pariwisata,” jelasnya.

Ia menjabarkan sebaran usaha yang menjadi obyek pembiayaan KUR pariwisata Bank Mandiri meliputi penyediaan akomodasi, usaha kerajinan souvenir/makanan oleh-oleh khas, usaha warung makan, kafe, penyewaan transportasi, dan jasa.

Rudi mengatakan realisasi tersebut sudah mencapai 96,24 persen dari total target penyaluran KUR perseroan pada 2021, yakni sebesar Rp35 triliun.

Bila dirinci berdasarkan sektor usahanya, mayoritas disalurkan ke sektor produksi dengan nilai menembus Rp19,69 triliun atau sekitar 58,46 persen dari total realisasi.

Perseroan juga mendorong penyaluran ke sektor prioritas lainnya, yaitu pertanian dengan total penyaluran KUR menembus Rp9,62 triliun dan sektor jasa produksi senilai Rp6,66 triliun.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>