Ditahun 2021, PNM Target Salurkan Pembiayaan Rp47 Triliun ke 11 Juta Nasabah


AKTUALITAS.ID – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp47 triliun untuk nasabah Mekaar dan UlaMM sepanjang 2021. Dana tersebut disalurkan perusahaan kepada 11 juta nasabah aktif yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Untuk akhir tahun ini kita targetkan 11 juta nasabah aktif dengan penyaluran sekitar Rp47 triliun,” kata Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT PNM, Sunar Basuki saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/12/2021).

Sunar menjabarkan, pembiayaan dari PNM lebih besar akan disalurkan pada nasabah Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), yakni sebesar Rp44 triliun. Sedangkan untuk nasabah Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) sebesar Rp3 triliun.

“Sekitar Rp 44 triliun di Mekaar dan Rp 3 triliun di ULaMM,” kata Sunar.

Tahun depan, target penyaluran pembiayaan akan ditambah menjadi Rp 55 triliun. Dari rencana tersebut diperkirakan outstandingnya mencapai Rp38 triliun.

Besarnya dana yang akan disalurkan tersebut disesuaikan dengan target penambahan jumlah nasabah. Setidaknya tahun depan, PNM akan menargetkan 3 juta nasabah baru, sehingga jumlah nasabahnya menjadi 14 juta.

“Kita bisa targetkan sekitar 14 juta nasabah di 2022,” kata dia.

Ekspansi pencarian nasabah ini menang agresif, lantaran pada tahun 2024, PNM menargetkan ada 20 juta masyarakat yang menjadi nasabah. Sehingga dengan target 3 juta nasabah di tahun 2022, sudah sesuai dengan target di akhir tahun 2024.

“Kita sesuaikan dengan keinginan stakeholder kita yang di 2024 sampai 20 juta nasabah,” kata dia mengakhiri.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>