Hujan Angin, Kendaraan dan Warung Tertimpa Pohon di Cempaka Putih


Petugas saat melakukan pemotongan pohon beringin besar yang tumbang di depan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (24/2/2020). Pohon tumbang karena akar tidak kuat menahan beban dan tak ada korban luka dan jiwa dalam peristiwa tersebut. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Pohon beringin berdiameter satu meter roboh menimpa tiang PLN, sebelas unit motor, dan tiga warung di dekat RPTRA Anggrek Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

“Pohon beringin berdiameter 100 cm tumbang dengan dampak kerusakan sebelas unit motor dan tiga warung, namun tidak ada korban jiwa,” kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Beruntung, tidak ada korban akibat tumbangnya pohon tersebut, kata Mila.

Mila menjelaskan setidaknya terdapat tujuh lokasi yang mengalami pohon tumbang dan lima belas lokasi dengan pohon sempal atau patah cabang akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah Jakarta Pusat pada Rabu siang.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal menjelaskan pihaknya mengerahkan satu unit kendaraan dan delapan personel untuk menangani kejadian pohon tumbang tersebut.

“Tim Damkar berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan aliran listrik sementara sebelum melakukan penanganan. Saat ini situasi penanganan pohon sudah selesai,” kata Asril.

Asril mengatakan kerugian akibat robohnya pohon beringin tersebut mencapai Rp10 juta.

Salah satu saksi, Rohmah, mengatakan angin kencang merobohkan pohon beringin yang memiliki tinggi sekitar 10 meter tersebut.

“Awalnya bunyi kretek-kretek, ada angin, kemudian ternyata roboh ke jalan sama warung sebelah sana. Timpa warung dan sejumlah motor di dekat situ,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>