Jembatan kali Amienweri Diduga Rugikan Negara Rp1,176 miliar, KPK Diminta Periksa Eks Bupati Supiori Yan Imbab


kpk, korupsi,
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – KPK Diminta Periksa Eks Bupati Kabupaten Supiori Yan Imbab Terkait Dugaan Korupsi Jembatan kali Amienweri

Elemen masyarakat pegiat antikorupsi mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memeriksa mantan Bupati Kabupaten Supiori, Yan Imbab terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Jembatan kali Amienweri tahun anggaran 2015,

Pegiat Anti korupsi, Korneles Materay mengatakan telah ada bukti-bukti yang menunjukan adanya praktik korupsi dalam pembangunan Jembatan tersebut.

“KPK melalui surat tanggal 23 Agustus 2023, menyebut ada pengembalian kerugian negara sebesar Rp1,176 miliar dalam LHA BPKP Papua tahun 2018 disebutkan kerugian negara pembangunan jembatan kali Amienweri berkisar Rp1,6 miliar,” kata Korneles Materay di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (4/7/2023).

Menurut Korneles temuan terkait kerugian negara itu membuktikan bahwa ada dugaan korupsi di balik pengerjaan proyek Jembatan kali Amienweri. Meskipun uang hasil dugaan korupsi telah dikembalikan ke KPK tetapi hal itu tidak bisa menghapus perbuatan pidana.

“Meskipun dikembalikan, UU Tipikor menyebutkan pengembalian tidak menghapuskan tindak pidana yang dilakukan. Artinya, aparat wajib terus mengusut kasus tersebut,” tuturnya.

Apalagi, lanjut Korneles, kasus tersebut diduga melibatkan orang nomor satu di Kabupaten Supiori. Oleh sebab itu, dia meminta KPK untuk mengusut dugaan rasuah tersebut agar tidak terjadi impunitas.

“Kami minta KPK segera melakukan tindakan hukum pemeriksaan dan jika bukti mendukung segera tetapkan tersangka. Aksi akan kami lakukan terus apabila kasus ini tidak mengalami perkembangan,” ujar Korneles.

Sementara itu, Korneles juga telah menyerahkan dokumen terkait dugaan korupsi Jembatan kali Amienweri kepada pihak KPK. Adapun dokumen tersebut diterima perwakilan humas KPK bernama Mukti. [Kiki Budi Hartawan/Samsu]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>