Jalan Santai dan Perlombaan Menambah Semarak Peringatan HUT ke-78 Indonesia di Madrid


AKTUALITAS.ID – Kemeriahan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlanjut setelah upacara pengibaran bendera di KBRI Madrid (17/08). Berangkat dari kesuksesan kegiatan tahun lalu, masyarakat Indonesia di Spanyol kembali berkumpul di Madrid pada pagi hari Minggu, 20 Agustus 2023, untuk berpartisipasi dalam berbagai jenis kegiatan.

Acara diawali dengan Jalan Santai Merah-Putih yang dimulai dari Palacio de Linares di Bundaran Cibeles yang merupakan titik nol kilometer kota Madrid. Dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI Madrid, Dr. Muhammad Najib, sebanyak 120 orang peserta memanfaatkan car-free day Minggu pagi dengan bergerak ke Selatan menyusuri Paseo del Prado. Setelah mampir di Air Mancur Neptuno, peserta bergerak ke Timur dan memasuki Taman Retiro yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Warisan Berharga Dunia. Jalan santai sejauh 3,3 kilometer ini diakhiri dengan piknik di seberang Palacio de Crystal di jantung Taman Retiro.

Di titik piknik, kegiatan puncak acara perayaan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan sejumlah permainan klasik khas Indonesia. Berbagai perlombaan digelar, mulai seperti balap karung, lomba membawa kelereng di sendok, memasukan pensil gantung ke dalam botol, hingga tarik tambang. Masing-masing cabang diperlombakan pada kategori anak dan dewasa. Adapun cabang lomba tarik tambang menjadi yang paling seru karena dilakukan antara tim Nusantara melawan tim Bule. Menariknya, walaupun dimenangkan tim Nusantara, hadiah cabang lomba ini diberikan kepada tim Bule.

Selain perlombaan fisik, tim juri juga melakukan penilaian terhadap peserta yang mengenakan busana terunik selama jalan sehat. Cabang lomba ini kembali dimenangkan oleh juara bertahan asal Nias, Salome Daeli, yang berhak mendapatkan satu unit smartwatch dari salah satu mitra kegiatan KBRI Madrid tahun 2023.

Jalan Santai Merah-Putih mendapatkan perhatian dari ramai warga yang tengah menikmati car-free day di Paseo del Prado. Rasa ingin tahu dan perhatian masyarakat semakin bertambah karena menyaksikan peserta jalan santai berdandan nyetrik dengan warna tema merah-putih. Suhu musim panas yang menyengat pun tidak meluluhkan antusiasme peserta yang mengikuti jalan santai dan rupa-rupa perlombaan. Pada akhirnya, kerinduan peserta akan kampung halaman juga sedikit terobati dengan santap siang masakan khas Indonesia yang dinikmati secara lesehan.

Kegiatan masyarakat di Spanyol dalam menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan penuh semangat dan kemeriahan yang tak kalah dibandingkan tahun lalu. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan dan mengingatkan para WNI di Spanyol akan semangat kebangsaan Indonesia dan kecintaan pada kampung halaman meskipun tinggal jauh dari Tanah Air. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>