Pemprov DKI Libatkan Pelajar untuk Meminimalkan Potensi Pelanggaran Trantibum Sejak Dini


AKTUALITAS.ID – Sebagai upaya mencegah potensi pelanggaran dalam urusan ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum) sejak dini, Pemprov DKI Jakarta mengukuhkan Prabu (Pelajar Duta Trantibum) Jakarta Tahun 2023.

Acara tersebut diikuti oleh 500 pelajar SMA sederajat, di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Prabu Jakarta harus menjadi pelopor dan agen yang bisa melaksanakan kelangsungan trantibum dengan baik. Trantibum bisa dimulai sejak dini, terutama di lingkungan sekolah, agar menjadi tempat yang baik, tertib dan aman bagi seluruh pelajar.

“Dengan begitu, para siswa nyaman menjalankan aktivitasnya. Selain itu, mereka bisa menyosialisasikan kebijakan pemerintah daerah terkait peraturan yang harus ditaati, dan menjadi contoh baik di lingkungan sekolah,” ujarnya dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Selasa (24/10).

Pj Gubernur Heru juga berpesan agar tindakan tidak terpuji, seperti merokok, tawuran, narkoba, vandalisme, dan lainnya bisa ditekan dan diminimalkan.

“Jadi, mereka harus terlebih dahulu menjadi contoh baik bagi teman-temannya yang lain. Kami titip Prabu Jakarta untuk memantau dan membina kegiatan yang positif,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menjelaskan, perlindungan terhadap masyarakat di lingkungan DKI Jakarta dapat dimulai sejak dini melalui jalur pendidikan.

Menurutnya, jumlah personel Satpol PP tidak akan cukup dalam menjaga trantibum masyarakat di Jakarta. Sehingga, perlu bersinergi dengan masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami juga meyakini bahwa indikator keberhasilan dalam menjaga trantibum bukan dengan semakin banyaknya tindakan terhadap para pelanggar Perda. Tetapi, indikator keberhasilan yang ingin kita tuju adalah semakin paham dan patuh taatnya masyarakat dengan segala aturan yang ada,” jelas Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin.

Di samping itu, Arifin juga mengungkapkan bahwa Pemprov DKI terus berupaya mewujudkan suasana Jakarta yang semakin aman, tertib, dan teratur, agar masyarakat nyaman hidup di Jakarta.

Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan membangun sinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta bersama sekolah-sekolah dalam menjalankan berbagai program pembangunan pemahaman trantibum dan perlindungan masyarakat sejak dini.

“Kami juga mencoba inovasi baru, yaitu menghadirkan Prabu Jakarta. Kami berharap, mereka memberikan warna positif dalam rangka memerangi perilaku tercela di lingkungan sekolah,” tandasnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>