Pengunjung Muspusdirla Ditantang Mengucapkan Sumpah Pemuda


AKTUALITAS.ID – Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho menantang Aulia, salah satu pengunjung Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Tantangannya bukan berwujud adu kekuatan, namun mengucapkan Sumpah Pemuda dengan baik dan benar.

Aulia datang ke Muspusdirla tidak sendirian. Ia datang bersama guru dan 98 temannya. Siswi kelas 6 MIN 1 Ponorogo itupun meladeni tantangan Kolonel Yuto dengan lantang mengucapkan Sumpah Pemuda di hadapan guru dan teman-temannya.

Kolonel Yuto merasa senang, tantangannya disambut dengan baik. Sebagai hadiah, Aulia menerima kenang-kenang dan uang jajan.

Kolonel Yuto mengungkapan, tantangan berupa unjuk keberanian dengan mengucapkan Sumpah Pemuda dimaksudkan untuk ikut memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober mendatang. Di samping itu juga untuk uji keberanian dan ingatan akan sejarah bangsa.

Lebih lanjut ia mengatakan Sumpah Pemuda merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena Sumpah Pemuda kala itu bertujuan memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia dalam melawan penjajahan.

“Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada generasi penerus bagaimana menyikapi perbedaan,” ujarnya di hadapan rombongan MIN 1 Ponorogo, Kamis (26/10).

Lantas ia menambahkan, generasi muda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh generasi muda sekarang akan menjadi penentu kemajuan dan kehebatan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Untuk mencapai cita-cita banyak tantangan dan hambatan yang akan dihadapi. Rajin-rajinlah belajar agar apa yang dicita-citakan dapat diraih,” pesannya yang diamini para siswa MIN 1 Ponorogo. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>