Penyakit Yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan dan Langkah Pencegahannya


Ilustrasi. Hujan. (IST)

AKTUALITAS.ID – Curah hujan yang memiliki intensitas tinggi dapat menyebabkan terjadinya banjir. Banyaknya genangan air, hawa dingin, serta melakukan kontak dengan orang atau benda yang telah terkontaminasi virus juga dapat membuat kamu tertular penyakit di musim hujan.

Dengan mengenali berbagai penyakit umum yang biasa terjadi di musim hujan, maka ini akan membuat kamu lebih waspada dan lebih siap dalam penanganan dan pencegahannya. 

Musim hujan adalah musim saat beberapa penyakit dapat dengan mudah ditularkan. Untuk melindungi diri dari penyakit yang tidak diinginkan, sebaiknya perlu untuk mengenal jenis penyakit yang biasanya muncul di musim hujan berikut ini:

1. Flu

Flu adalah penyakit pernapasan yang dapat menyebar melalui percikan air liur saat batuk atau bersin. Gejala umumnya melibatkan demam, pilek, dan batuk.

2. Demam Berdarah Dengue

Penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti ini dapat menyebabkan demam tinggi, nyeri otot dan sendi, serta dapat berujung pada kondisi yang mengancam nyawa.

3. Diare

Musim hujan dapat meningkatkan risiko penyakit diare, terutama karena air yang terkontaminasi. Pencegahan melibatkan kebersihan tangan dan konsumsi air bersih.

4. Penyakit Kulit

Kelembapan tinggi selama musim hujan dapat meningkatkan risiko infeksi kulit seperti kurap dan eksim. Menjaga kebersihan diri dan kulit menjadi penting.

5. Leptospirosis

Penyakit yang ditularkan melalui air yang terkontaminasi bakteri leptospira ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, dan bahkan kerusakan organ.

Langkah Pencegahan

Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit tersebut, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan. 

Beberapa langkah pencegahan melibatkan:

– Konsumsi makanan bergizi

Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

– Olahraga rutin

Lakukan olahraga minimal 30 menit sehari untuk menjaga kebugaran tubuh.

– Cukup tidur

Pastikan untuk mendapatkan cukup waktu tidur agar tubuh dapat pulih dengan baik.

– Pola hidup bersih

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci tangan secara teratur.

– Upaya 3M

Meliputi menggunakan kelambu saat tidur, menggunakan obat anti nyamuk, dan menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

– Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

Jika mengalami gejala penyakit musim hujan, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan dini.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat meminimalkan risiko terkena penyakit selama musim hujan. Dengan melakukan pencegahan sedini mungkin, aktivitas harian masyarakat dapat tetap berjalan lancar meskipun di tengah tantangan musim hujan. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>