KPU Cetak Lebih dari 1,2 Miliar Surat Suara Pemilu 2024


Ilustrasi. Surat suara paslon capres-cawapres 2024 (dok. KPU)

AKTUALITAS.ID – KPU mulai mencetak surat suara Pemilu 2024. Lebih dari 1,2 miliar surat suara untuk Pemilu 2024 hingga Rabu 29 November 2023, masih dalam proses cetak.

“Setelah selesai produksi, KPU akan segera mengirim ke daerah,” kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik dalam keterangannya, Rabu (29/11).

Selanjutnya, menurut Idham, pendistribusian surat suara itu akan melibatkan KPU di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten serta pihak pengamanan. Distribusi, kata dia, juga ke tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di luar negeri.

Total ada tiga paslon bakal bertarung pada Pilpres 2024, yakni paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

KPU RI selaku penyelenggara Pemilu dan Pilpres 2024 membeberkan desain surat suara yang nantinya akan dicoblos oleh 204 juta rakyat Indonesia pada 14 Februari 2024. Dari desain yang sudah disepakati, terlihat secara berurutan dari kiri ke kanan paslon AMIN, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

Dalam desain surat suara pilpres, terlihat foto Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggunakan jas berwarna hitam dengan kemeja putih di bagian dalam.

Untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terlihat menggunakan kemeja dengan warna biru yang sama.

Agak berbeda tampak pada foto paslon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Pasangan ini menggunakan kemeja dengan warna berbeda. Dalam desain terlihat Ganjar menggunakan kemeja berwarna hitam, sedangkan Mahfud berwarna putih.

Selain itu, dalam kotak gambar masing-masing paslon, logo gabungan partai pengusul juga dicantumkan dan terdapat di bagian bawah foto capres/cawapres.

Seluruh desain surat suara tersebut, kata dia, sudah sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 1202 Tahun 2023, kemudian diubah dengan Keputusan KPU Nomor 1549 Tahun 2023 .

“Jadi, desain surat suara sepenuhnya mengacu pada kedua keputusan tersebut,” ungkap Idham.

Seperti diketahui, KPU pada hari Senin, 13 November 2023, telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>