Siap Ikuti Debat Capres-Cawapres 2024, Gibran: Ya, Sudah Dipersiapkan


Cawapres Gibran Rakabuming Raka (IST)

AKTUALITAS.ID – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka siap mengikuti debat capres-cawapres perdana pada 12 Desember 2023.

Wali Kota Solo itu tengah mempersiapkan materi debat yang mengambil tema soal hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat capres-cawapres sebanyak lima kali menjelang Pilpres 2024. Debat capres-cawapres akan dilaksanakan di Jakarta dengan tema mulai dari pemerintahan, keamanan, investasi, perdagangan hingga lingkungan hidup.

Debat tahap I dijadwalkan digelar pada 12 Desember. Adapun tema yang diangkat seputar hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

“Ya, sudah dipersiapkan. Sudah ya,” kata Gibran, seusai acara serah terima jabatan (sertijab) Sekda Kota Solo di Bale Tawangarum, Jumat (1/12/2023).

Namun, Gibran enggan membeberkan secara jelas persiapan dalam menghadapi debat perdana. Dia hanya meminta doa semua pihak agar pelaksanaan debat capres-cawapres berjalan lancar.

Disinggung apakah ada tim khusus dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang membantu persiapan debat capres-cawapres, Gibran tak menjelaskan secara gamblang. “Nanti ya. Doakan saja berjalan lancar,” ujar dia.

Gibran juga mengungkapkan dirinya akan berkolaborasi dengan pasangannya, yakni Prabowo Subianto. 

“Iya (kolaborasi dengan Prabowo),” katanya.

Debat Pilpres 2024 akan dilaksanakan tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 Pasal 50 ayat (1). Setiap sesi debat capres-cawapres akan terdiri dari enam segmen, melibatkan pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi-misi dan program kerja, serta segmen penutup. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>